10.61533 PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO TERBIT ELEKTRIK DAN ELEKTRONIK
DOI:
https://doi.org/10.61533/jinbe.v5i2.424Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Terbit Elektrik dan Elektronik di Bangka Tengah. Pemasalahan utama yang diangkat asalah rendahnya kemampuan konsumen dalam memahami spesifikasi teknis produk serta pengambilan keputusan pembelian yang cenderung impulsif tanpa perencanaan keuangan. Selain itu, masih minimnya pemanfaatan layanan keuangan digital menunjukkan adanya tantangan dalam inklusi keuangan. Penelitian ini menggunakan pemdekatan kuantitatif dengan teknik survei dan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang ditentukan menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, literasi keuangan dan inklusi keuangan masing-masing berpengaruh posotif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultsn, kedua variabel tersebut juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,673, artinya 67,3% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh literasi keuangan dan inklusi keuangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi keuangan dan akses terhadap layanan keuangan mampu mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian yang lebih rasional, efisien dan sesuai kebutuhan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha dan pemangku kebijakan untuk meningkatkan edukasi serta infratuktur keuangan guna menciptakan konsumen yang lebih bijak secara finansial.
Referensi
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy. Journal of Economic Literature.
Paul Peter & Jerry Olson. (1999). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill. (buku, tapi kadang dikutip sebagai jurnal)
Remund, D. L. (2019). Financial Literacy Explicated. Journal of Financial Services Marketing.
Demirgüç-Kunt, A., & Klapper, L. (2012). Measuring Financial Inclusion. World Bank Policy Research.
Demirgüç-Kunt, A., & Klapper, L. (2018). Financial Inclusion in the Digital Age. World Bank Policy Research.
Sri Rahayu Dinun Amin & Pamnungkas, H. P. (2023). Pengaruh Literasi, Inklusi, dan Kemudahan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Melita Wangsa, Deara Shinta Lestari, Rizal Ruben Manullang

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





