10.61533 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM SABUN MIJEL TPA AL-AZIROEH KELURAHAN SELINDUNG KOTA PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.61533/jinbe.v5i2.435Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, UMKM, Sabun Daur Ulang, SWOTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran UMKM Sabun Mijel TPA Al-Aziroeh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui identifikasi faktor internal menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan faktor eksternal menggunakan matriks External Factor Evaluation (EFE), kemudian dilanjutkan dengan formulasi strategi melalui analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sabun Mijel TPA Al-Aziroeh berada pada kuadran I, yang mencerminkan posisi strategi agresif. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang tepat adalah penerapan bauran pemasaran 4P, yang terdiri dari: produk berupa sabun padat multifungsi dan ramah lingkungan untuk mencuci pakaian maupun peralatan dapur, disertai saran pengembangan varian aroma alami serta pencantuman legalitas izin edar PKRT; harga ditetapkan dengan
mempertimbangkan daya beli masyarakat agar tetap terjangkau; tempat berupa distribusi melalui toko ritel tradisional dan platform online seperti Shopee dan Tokopedia; serta promosi yang difokuskan melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook dengan konten edukatif yang menampilkan manfaat serta
keunggulan produk.
Referensi
Ahdiat, A. (2024, Mei 17). Ini alasan konsumen Indonesia beli produk berkelanjutan. Katadata.co.id. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/politik/statistik/8ab50ad7cb35fb6/ini-alasan-konsumen-indonesia-beli-produk-berkelanjutan
Aprianto, I., Andiransyah, M., Qodri, M., & Hariyanto, M (2020). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Deepublish.
Aprilia, Indah Ayu. (2020). Strategi Pemasaran UD. Tape Handayani 82 Bondowoso dalam Perspektif Mareketing Syariah. Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 1(1), 53-70.
Aysa, I. R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal AtTamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.
Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2024). [Tahunan] Laju Pertumbuhan PDRB Pengeluaran Atas Dasar Harga Konstan (ADHK). Diakses pada 19 Mei 2025, dari https://babel.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTA1MiMy/-tahunan--laju-pertumbuhan-pdrb-pengeluaran-atas-dasar-harga-konstan--adhk-.html
Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penduduk, laju pertumbuhan penduduk, distribusi persentase penduduk, kepadatan penduduk, rasio jenis kelamin penduduk menurut kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung [Tabel statistik]. Diakses 22 April 2025 dari https://babel.bps.go.id/id/statistics-table/3/V1ZSbFRUY3lTbFpEYTNsVWNGcDZjek53YkhsNFFUMDkjMw==/penduduk--laju-pertumbuhan-penduduk--distribusi-persentase-penduduk-kepadatan-penduduk--rasio-jenis-kelamin-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-kepulauan-bangka-belitung--2021.html
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts, and Cases (16th ed). Pearson Education.
Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Haryanti, N. (2019). Teori Permintaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam dan Konvensional. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah, 1 (2), 216-224.
Hole, Y., & Snehal. P. & Bhaskar. M. (2019). Porter's five forces model: gives you a competitive advantage. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control System, 11 (4), 1436-1448.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed), Pearson Education.
Kurniawan, D. A., Zarkasyi, M. R., & Setyanta, B. (2023). Economic Recovery Strategy for the SMEs Post Covid-19 Pandemic in Ponorogo: The Role of the Penta Helix Model. Sentralisasi, 12 (1), 75-86.
Larasati, S. A., Istiqomah, A., Ramadani, A. S., Khoiriyah A., & Radianto, D. O. (2024). Peran Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 321–332.
Makos, J. (2024. September 13). What is PESTLE Analysis?, PESTLE Analysis. https://pestleanalysis.com/what-is-pestle-analysis/
Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rimadias, S. (2023). Faktor Penentu Kelangsungan Hidup UMKM di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 6(1), 15–28.
Rizti, F. (2024, Mei 29). 185,3 juta pengguna internet tercatat di Indonesia pada 2024. Goodstats. Diakses 14 Mei 2025 dari https://share.google/wP4WLUJ9wmPp1r6q1
Sayyid, M. (2020). Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. Zifatama Jawara.
Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5.
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Top Brand Award. Perbandingan Indeks Merek Sabun Pencuci Pakaian – Kategori Produk Rumah Tangga. Diakses pada 12 Maret 2025, dari https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=9&id_subkategori=709
We Are Social (2024). Digital 2024: Indoensia. We Are Social. Diakses pada 22 April 2025, dari https://wearesocial.com/id/wp-content/uploads/sites/19/2024/02/Digital_2024_Indonesia.pdf
Wibowo, P., & Rimadias, S. (2022). Perilaku Penggunaan “Qris Bri Brimo” Pada Pedagang Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Digital. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 14(2), 236–257.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rani, Ryan Hasianda Tigor, Hendarti Tri Setyo Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





