PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, REPUTASI BANK, DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH (STUDI KASUS DI PT BPR ANUGRAH SWAKERTA PANGKLAPINANG)

Penulis

  • Bella Andini Mahasiswa Program Studi Manajemen
  • Gayatria Oktalina Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang
  • Fery Panjaitan Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Kata Kunci:

Pengetahuan Produk, Reputasi Bank, Persepsi Nasabah, Keputusan Tabungan

Abstrak

The importance of funds from third parties through interbank savings product. This study aims to analyze The Effect of Product Knowledge, Bank Reputation, and Customer Perception on Customer Savings Decisions at PT BPR Anugrah Swakerta Pangkalpinang. This research is a comparative causal study, using a quantitave approach. The population in this study are customers at PT BPR Anugrah Swakerta Pangkalpinang. The number of samples in this study were 50 respondent. Data collection techniques using a questionnaire. The result of this study conducted in the T test there are 2 variabels that have no effect, namely Product Knowledge and Bank Reputation and 1 variabel influential which has a positive effect, namely Customer Perception. While the result obtained by the F tes on Product Knowledge, Bank Reputation, Customer Perception simultaneously have a positive effect on the Customer Savings Decision which has obtained a value of 7,586 fcount > of ftabel of 2,80.

Biografi Penulis

Gayatria Oktalina, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Dosen Pembimbing I

Fery Panjaitan, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Dosen Pembimbing II

Referensi

Budisantosa, T. & Nuritomo.2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lain (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Chotimah, Chusnul. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, dan Lokasi terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah di Surakarta. Diakses: 27 Juni 2020.

Dewi, Nurmala. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BTM MENTARI Ngunut Tulungagung. Diakses: 02 Mei 2020.

Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasibuan, Malayu S.P.2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manahemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I, Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Maski, Ghozali. 2010. Analisis Keputusan Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Journal of Indonesia Applied Economics Vol.4 No. 1 Mei 2010, 43-57.

Nadiyya, Sadima dan Umiyati. 2017. Merek, Reputasi, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Proses Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Jabar Syariah Kcp. Ciputat.Jurnal Liquidity Vol. 7, No.2, Juli - Desember 2018. hlm. 108-123.

Nova, F.2011. Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohmah, I.R.Q. 2015. Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Bagi Hasil, Kesesuaian Hukum Syariah, Reputasi Bank, dan Perolehan Informasi Terhadap Keinginan Menambah Tabungan Mudharabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember. Skripsi. Universitas Jember.

Setiadi, N.J.2008. Business Economics and Managerial Decision Making: Aplikasi Teori Ekonomi dan Pengambilan Keputusan Manajerial dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Subagyo, Sri Fatmawati dkk.2000. Bank Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2020

Cara Mengutip

Andini, B., Oktalina, G., & Panjaitan, F. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, REPUTASI BANK, DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH (STUDI KASUS DI PT BPR ANUGRAH SWAKERTA PANGKLAPINANG). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 7(2), 135–143. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/340

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>