ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, PEMASARAN HIJAU, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK ViZ KOTA PANGKALPINANG
Kata Kunci:
Kesadaran Merek, Pemasaran Hijau, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, ViZ, Air Minum Dalam Kemasan.Abstrak
Skripsi ini disusun oleh Sheren Marshal Lie (NIM 640210001) dengan judul “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Pemasaran Hijau, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek ViZ di Kota Pangkalpinang.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran lingkungan konsumen serta pentingnya kualitas produk dan kekuatan merek dalam keputusan pembelian. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 100 responden, analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui program JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, pemasaran hijau, dan kualitas produk secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ViZ di Kota Pangkalpinang.
Referensi
Aaker, D. A. (2018). Strategic market management (11th ed.). Hoboken: Wiley.
Asnawi, R. (2009). Metodologi penelitian: Panduan penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darul, A. (2018). Pemasaran hijau dan dampaknya terhadap lingkungan dan perekonomian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fadillah, R., & Ramadhani, S. (2019). Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Islam Riau.
Farisi, M. I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Industri Rumah Tangga. Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Produk dan merek (Planning and Strategy). Surabaya: IQiara Media.
Haris, A., & Welsa, H. (2019). Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik di Era Digital. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Hasanah, N., & Pratama, R. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 45-53.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). Boston: Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Boston: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed., J. Bentang, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing management (15th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Revisi). Jakarta: Salemba Empat.
Mamahit, L. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Ades Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(3), 339-345.
Manongko, A. A. Ch. (2018). Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior). Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
Nasution, R., & Fitriani, Y. (2021). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK Aqua di Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 23-31.
Norbuko, H., & Achmad, S. (2009). Metodologi penelitian ilmu sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Polnaya, F. B., & Rante, A. (2020). Pemasaran Hijau. Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, 4(2), 123-135.
Puteri, P. R. (2020). eknik sampling dalam penelitian sosial. Bandung: Alfabeta.
Rahmawati, N., & Setyorini, C. T. (2019). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian produk AMDK. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 67-74.
Sari, D.A. (2021). Persepsi konsumen terhadap tanggung jawab lingkungan perusahaan air minum dalam kemasan dan dampaknya pada loyalitas serta pembelian berulang. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1).
Sarinah & Mardalena. (2017). Manajemen dalam Perspektif Organisasi Modern. Jakarta: Bumi Aksara.
Seo, E.-J., & Park, J.-W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand awareness, brand image, and purchase intention. Journal of Business Research, 40(2), 1-9.
Setiawan, F., & Wulandari, T. (2022). Pengaruh sertifikasi BPOM, SNI, dan informasi kandungan mineral terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Jurnal Konsumen & Kepercayaan, 5(2), 45-60.
Setiawan, I., & Marlina, E. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian AMDK di Perkotaan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 12(3), 98-110.
Setyawan, R., & Yulianto, A. (2020). Green Product Awareness and Purchase Intention: A Study on Bottled Water Industry in Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8(3), 88-103.
Silitonga, P. (2020). Green marketing: Konsep dan praktik pemasaran berbasis lingkungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono F. (2016). Strategi Pemasaran, Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono F. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Vivi G & Retno S. (2015). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian AMDK Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat di Kota Bandung). IMAGE : Jurnal Riset Manajemen, 4(1), 1-9.
Wahyuni, S., & Kurniawati, R. (2020). Green marketing dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen AMDK. Jurnal Pemasaran Hijau, 5(1), 12-20.
Yuliani, D., & Sari, M. (2021). Penerapan pemasaran hijau dalam strategi bisnis AMDK. Jurnal Bisnis Berkelanjutan, 3(2), 33-41.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sheren Marshal Lie, Zamhari , Hendarti Tri Setyo Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





