PENGARUH PRODUK HIJAU DAN PERIKLANAN HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRAMILK (STUDI KASUS PADA KECAMATAN PANGKALBALAM)

Penulis

  • Sintia Feronika STIE IBEK Pangkalpinang Bangka
  • Deara Shinta Lestari STIE IBEK Pangkalpinang Bangka
  • Hendarti Tri Setyo Mulyani STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Kata Kunci:

Produk Hijau, Periklanan Hijau, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini ditulis dan dipersiapkan oleh Sintia Feronika dengan NIM 200210015, berjudul “Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultramilk (Studi Kasus pada Kecamatan Pangkalbalam)”. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Juni 2025. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk, baik secara individu maupun bersamaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di Kecamatan Pangkalbalam. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Simultan (Uji F) dan Uji Parsial (Uji t) yang diolah dengan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product dan Green Advertising memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kedua variabel memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuusan pembelian.

Biografi Penulis

Sintia Feronika, STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Penulis I

Deara Shinta Lestari, STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Penulis II

Hendarti Tri Setyo Mulyani, STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Penulis III

Referensi

Natalia. (2023). Green Product: Pengertian, Manfaat dan Inovasinya.

Handayani, N. (2012). Produk hijau: Desain dan produksi ramah lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahim, A. (2012). Green advertising dan pemasaran berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Mandiri.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-23). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-27). Bandung: Alfabeta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 (edisi 7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Unduhan

Diterbitkan

13.11.2025

Cara Mengutip

Feronika, S., Shinta Lestari, D., & Tri Setyo Mulyani, H. (2025). PENGARUH PRODUK HIJAU DAN PERIKLANAN HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRAMILK (STUDI KASUS PADA KECAMATAN PANGKALBALAM). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 12(02), 11–18. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/430

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3