PENGARUH PRODUK HIJAU DAN PERIKLANAN HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRAMILK (STUDI KASUS PADA KECAMATAN PANGKALBALAM)
Kata Kunci:
Produk Hijau, Periklanan Hijau, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini ditulis dan dipersiapkan oleh Sintia Feronika dengan NIM 200210015, berjudul “Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultramilk (Studi Kasus pada Kecamatan Pangkalbalam)”. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Juni 2025. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk, baik secara individu maupun bersamaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di Kecamatan Pangkalbalam. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Simultan (Uji F) dan Uji Parsial (Uji t) yang diolah dengan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product dan Green Advertising memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kedua variabel memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuusan pembelian.
Referensi
Natalia. (2023). Green Product: Pengertian, Manfaat dan Inovasinya.
Handayani, N. (2012). Produk hijau: Desain dan produksi ramah lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahim, A. (2012). Green advertising dan pemasaran berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Mandiri.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-23). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-27). Bandung: Alfabeta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 (edisi 7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sintia Feronika, Deara Shinta Lestari, Hendarti Tri Setyo Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





