ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BANGUN BANGKA BERSAMA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KEBERLANJUTAN DAN INKLUSIFITAS DI KOTA PANGKALPINANG

Manajemen Pemasaran

Penulis

  • Ferri Salim STIE IBEK Pangkalpinang Bangka
  • Rizal R. Manullang STIE - IBEK Pangkalpinang, Bangka
  • Medinal STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Kata Kunci:

Saluran Distribusi, Efisiensi Distribusi, Jangkauan Distribusi, Keberlanjutan Distribusi, Inklusivitas Distribusi, Volume Penjualan, Ekonomi Berkelanjutan

Abstrak

Skripsi karya Ferri Salim dengan NIM 230210014 yang berjudul “Analisis Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan pada PT. Bangun Bangka Bersama dalam Perspektif Ekonomi Keberlanjutan dan Inklusifitas di Kota Pangkalpinang” terdiri dari 112 halaman tanpa lampiran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh efisiensi, jangkauan, keberlanjutan, dan inklusivitas saluran distribusi terhadap volume penjualan perusahaan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan wawancara, data dikumpulkan dari 83 responden melalui teknik Simple Random Sampling. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan JASP for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel distribusi (efisiensi, jangkauan, keberlanjutan, dan inklusivitas) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Secara simultan, pengaruh keempat variabel ditunjukkan oleh nilai p-value 0,001 < 0,05 dan Fhitung 129,552 > Ftabel 2,49.

Biografi Penulis

Ferri Salim, STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Penulis I

Rizal R. Manullang, STIE - IBEK Pangkalpinang, Bangka

Penulis II

Medinal, STIE IBEK Pangkalpinang Bangka

Penulis III

Referensi

Andri, Y., & Rahel, V. (2016). Strategi penjualan produk dalam meningkatkan volume penjualan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Candra, S. (2002). Strategi pengembangan produk: Teori dan aplikasi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Chopra, S., & Meindl, P. (2019). Supply chain management: Strategy, planning, and operation (7th ed.). Boston: Pearson Education.

Dadang, H. (2011). Manajemen pemasaran syariah: Pendekatan teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Danang, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Djaslim, S. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Edhy, S. (2017). Manajemen Informasi dalam Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Esti, I. (2024). Metodologi penelitian pendidikan: Teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Faud, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Griffin, R. W. (2021). Management (13th ed.). Boston: Cengage Learning.

Havaldar, K. K. (2020). Sales and Distribution Management. New Delhi: McGraw-Hill Education.

Karundeng, N., Rante, A., & Makalalag, V. (2018). Manajemen Distribusi Barang dan Jasa. Manado: CV. De La Macca.

Kasmir. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kezia, V. A., Hartini, S., & Gunawan, A. (2024). Manajemen pemasaran: Teori dan praktik bisnis modern. Surabaya: CV Global Aksara Press.

Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2005). Marketing management (12th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management (16th ed.). Jakarta: Erlangga.

Mursid, M. (2019). Distribusi dan Logistik: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nia, H. (2019). Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nisa, R. (2023). Efisiensi distribusi dalam perspektif manajemen rantai pasok. Jurnal Logistik dan Distribusi, 11(2), 101-110.

Pandji, R. (2019). Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.

Panjaitan, M. T. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Pettinger, R. (2020). Introduction to Management (5th ed.). London: Macmillan International Higher Education.

Prahalad, C. K. (2005). The fortune at the bottom of the pyramid: Eradicating poverty through profits. New Jersey: Wharton School Publishing.

Putri, R., Lestari, S., & Maulana, A. (2022). Faktor-faktor yang memengaruhi volume penjualan pada UMKM. Bandung: CV Pustaka Media.

Putri, S. A., Ramadhani, F., & Wahyuni, S. (2018). Strategi Distribusi Produk pada Perusahaan Ritel. Palembang: Universitas Sriwijya Press.

Resseffendi. (2010). Pengantar penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sonani, R. A. (2021). Strategi penjualan dan peningkatan volume dalam bisnis ritel. Jakarta: Pustaka Mitra Bangsa.

Srivastava, S. K. (2007). Green supply‐chain management: A state‐of‐the‐art literature review. International Journal of Management Reviews, 9(1), 53-80.

Sudarsono. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran syariah: Konsep, strategi, dan implementasi. Jakarta: Sinar Grafika.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan aplikatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suparyanto & Rosad, R. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Suryani, N., Handayani, R., & Maulana, H. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Suryati, N. (2015). Pengantar Manajemen Pemasaran. Surabaya: Graha Ilmu.

Tjiptadi, A. (2019). Manajemen pemasaran: Konsep dan aplikasi strategi pemasaran dalam persaingan global. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yacob, M. (2017). Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zylstra, K. (2016). Distribution Planning and Control: Managing in the Era of Supply Chain Management (3rd ed.). New York: Springer.

Unduhan

Diterbitkan

13.11.2025

Cara Mengutip

Salim, F., R. Manullang, R., & Medinal. (2025). ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BANGUN BANGKA BERSAMA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KEBERLANJUTAN DAN INKLUSIFITAS DI KOTA PANGKALPINANG: Manajemen Pemasaran. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 12(02), 36–46. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/442

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>