ANALISIS PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM USAHA MIKRO PENTOL DI KOTA PANGKALPINANG

Penulis

  • Jesica Okta Melinda Mahasiswa STIE-IBEK Pangkalpinang
  • Rizal Ruben Manullang Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang
  • Zamhari Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Kata Kunci:

Personalization, Relevance, Frequency, Responsiveness, Convenience, Customer Support, Purchase Decision

Abstrak

Skipsi ini ditulis dan disusun oleh Jesica Okta Melinda (640190057), berjudul dalam bahasa indonesia: “Analisis Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Usaha Mikro Pentol Di Kota Pangkalpinang”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan maksud untuk mencari hubungan antara variabel bebas (Personalisasi, Relevansi, Frekuensi, Responsiveness, Kemudahan, Dukungan Pelanggan)  dengan variabel terikat (Keputusan Pembelian) dengan menggunakan rumus stasistik. Sedangkan rumus statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis Analisis Linear Berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 orang.

Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) Relevansi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, nilai signifikan (Sig) sebesar 0.016 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 2.462 lebih besar daripada ttabel 1.98373. (2) Responsiveness berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, nilai signifikan (Sig) sebesar 0.013 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 2.533 lebih besar daripada ttabel 1.98373 Sedangkan (3) Personalisasi, tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.953 lebih besar dari 0,05 dan nilai thitung 0.059 lebih kecil daripada ttabel 1.98373. (4) Frekuensi, tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian  dengan nilai signifikan (Sig) sebesar 0.130 lebih besar dari 0,05 dan nilai thitung 1.528 lebih kecil daripada ttabel 1.98373. (5) Kemudahan, Tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan (Sig) sebesar 0.607 lebih besar dari 0,05 dan nilai thitung 0.515 lebih kecil daripada ttabel 1.98373. (6) Dukungan Pelanggan tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai nilai signifikan (Sig) sebesar 0.468 lebih besar dari 0,05 dan nilai thitung 0.729 lebih kecil daripada ttabel 1.98373.

Biografi Penulis

Rizal Ruben Manullang, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Dosen Pembimbing I

Zamhari, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Dosen Pembimbing II

Referensi

Wibowo (2019) dan Luthfi, I. (2017) menjelaskan bahwa konsep manajemen sebagai ilmu pengetahuan di Indonesia telah berkembang sejak awal abad ke-20.

A. Purnomo, I. Usman, dan N. Asitah (2020) menjelaskan bahwa hubungan antara manajemen dan kewirausahaan di Indonesia dapat dilihat dari perspektif manajemen strategis.

Taji, M. A (2021) menjelaskan dalam penelitiannya bahwa kuliner populer di kalangan masyarakat seluruh Indonesia yang disebutu “Pentol”, berhasil membentuk pasarnya sendiri..

Handayani (2020), Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta : Trussmedia Grafika.

El Dameh, Y. A., & Ghadeer, H. A. (2019). The Impact of Traditional Direct Marketing on Creating Brand Awareness: Case Study on IKEA in Jordan . International Journal of Business and Management, 36.

(Ghozali, Uji Instrumen Data Kuesioner, 2019).

Peppers, D., & Rogers, M. (2016). Managing Customer Relationships: A Strategic Framework (3rd Edition). Wiley.

Unduhan

Diterbitkan

20.11.2023

Cara Mengutip

Melinda, J. O., Manullang, R. R., & Zamhari. (2023). ANALISIS PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM USAHA MIKRO PENTOL DI KOTA PANGKALPINANG. JURNAL PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS, 10(2), 212–219. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/335

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>