PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CAFÉ TINS PANGKALPINANG

Penulis

  • Sheren Lofedia Putri STIE IBEK Pangkalpinang
  • Zamhari Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang
  • Rizal R. Manullang Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Tins Café. Pendekatan yang di gunakan adalah kuantitatif yang bersifat statistic deskriftif, yang Dimana variable bebas dalam penelitian ini yakni kualiats pelayanan (X1), kepuasan konsumen (X2) kemudian variable terikat yakni loyalitas pelanggan (Y). Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dan penyebaran kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan Tins Café.   Table diperoleh nilai signifikansi (sig) sebesar 0.001 atau lebih kecil daripada 0,05 (a), maka Keputusan dari pengujian hipotesis ini adalah menolak H0 dan menerima H1. Hasil perhitungan di atas juga dapat menggunakan rumus Fhitung > Ftabel dimana diperoleh nilai Fhitung 3.251 > dari Ftabel sebesar 3.19 sehingga dapat ditarik kesimpulan H1 diterima demikian di nyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Tins Café Pangkapinang. Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas pelanggan

Biografi Penulis

Zamhari, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Pembimbing I

Rizal R. Manullang, Dosen Prodi Manajemen STIE-IBEK Pangkalpinang

Pembimbing II

Referensi

Amstrong dan Kotler, (2005). Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta.

Danang Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Fandy Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Gaspersz, V. dan Fontana, A. (2011). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries, Waste Elimination and Continous Cost Reduction, Edisi Kedua. Bogor: Vinchristo Publication.

Ghozali, Imam, (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

________________. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

________________. (2005). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Universitas Diponegoro.

________________. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gramer dan Brown. (2006). Loyalitas Pelanggan sebagai Strategi Bersaing. Erlangga: Jakarta.

Handoko, T. H. 1998. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Henry, Simamora, (2000). Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Hitt, M. A., Black, S., & Porter, L. W. (2012). Management. Upper Saddle Edition. England. Pearson Education Limited.

Husein Umar, (2003). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Kotler, Amstrong, (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2008). "Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 2" hal: 45-49, cetakan II, 2008, PT Indexs- Tjiptono, Fandy "Manajemen Jasa" hal 15 18, edisi pertama 1996, penerbit Andi, Yogyakarta

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

______________. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Gray Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

________________________________. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, Hamdani, (2006_. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. (2012). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika Kepariwisataan Vol. Xi No. 2. River, N.J.: Pearson Prentice Hall.

Sugiyono, (2007). Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

___________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu, dan T Hani Handoko. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Tjahjaningsih, E., & Soliha. (2015). Manajemen Pemasaran : Tinjauan Teoritis serta Riset Pemasaran. Semarang: Universitas Stikubung Semarang.

Wahyu Nugroho, (2005), 11http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/a rticle/viewFile/1561/156, diakses 3 Mei 2024

Yahya, Yohanes. (2006). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Unduhan

Diterbitkan

11.11.2024

Cara Mengutip

Lofedia Putri, S., Zamhari, & R. Manullang, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CAFÉ TINS PANGKALPINANG . JURNAL PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS, 11(2), 165–176. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/408